Manfaat Gingseng untuk Kesehatan

Keunggulan Gingseng Dibandingkan Tumbuhan Lain

Masyarakat Indonesia tergolong sangat beruntung lantaran dianugerahi berbagai macam jenis rempah-rempah yang merupakan bagian dari kekayaan alam negeri ini.

Tumbuh-tumbuhan, buah-buahan dan lainnya lebih mudah tumbuh di negara tropis seperti Indonesia. Pasalnya, jenis tumbuhan dan lainnya itu dijadikan bahan makanan sehari-hari. Terlebih lagi, tidak hanya berfungsi sebagai kunci pembuat perut kenyang, namun rempah-rempah dan tumbuhan tersebut juga sangat berkontribusi besar dalam dunia medis atau pengobatan.

Dan salah satu tumbuhan yang diakui oleh dunia akan manfaat dan kandungannya yang sangat banyak adalah gingseng.

Meski secara universal terbagi dalam dua jenis, khasiatnya tetap sama atau tidak jauh berbeda antar satu sama lain. 
Tidak hanya membantu memelihara kesehatan tubuh sekaligus otak yang sudah fit, tanaman ginseng juga berperan kuat dalam upaya merawat dan mengobati pasien penderita sejumlah penyakit akut.

Berikut penjelasan lebih dalam seputar manfaat ginseng untuk kesehatan manusia secara menyeluruh, seperti dimuat laman Medical News Today:



Membuat tubuh lebih aktif dan jiwa lebih bersemangat

Studi yang dilakukan oleh pihak Mayo Clinic menemukan bahwa gingseng itu secara alami menstimulasi aktivitas fisik sekaligus mental orang-orang yang sedang kelelahan atau dalam kondisi lemah. Tidak heran jadinya kalau ginseng dalam bentuk vitamin atau suplemen sangat populer di kalangan masyarakat untuk dibeli dan dikonsumsi setiap hari.

Memacu kemampuan untuk berpikir
Para peneliti di Medical School of Nantong University, Cina mengungkapkan fakta bahwa tanaman gingsneg bisa memacu kemampuan berpikir manusia sekaligus membuat fungsi kognitifnya menjadi lebih baik dan aktif.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Seperti yang telah dipublikasikan dalam Journal of Translational Medicine, salah seorang ilmuwan, Allan Lau berpendapat bahwa kandungan ginsenosides dalam gingseng membantu membuat tubuh lebih kebal dan terjaga dari segala macam bentuk virus yang menghampiri.
Mencegah kanker

Para ilmuwan di Vanderbilt-Ingram Cancer Center menjelaskan bahwa hasil temuan mereka menunjukkan fakta pengonsumsian tanaman ginseng, baik dalam bentuk suplemen atau tumbuhan langsung, membantu menurunkan risiko seseorang terserang penyakit kanker.

Tidak hanya membantu mencegah kanker, ginseng juga selama ini terbukti berguna untuk memberikan tenaga pada pasien kanker yang kelelahan atau terlampau capai akibat kemoterapi.
Mengatasi disfungsi ereksi hingga AIDS

Sejumlah ilmuwan asal Korea Selatan melancarka
n sebuah penelitian pada tahun 2002 silam terhadap pria penderita kondisi disfungsi ereksi. Hasil akhirnya menunjukan bahwa 60 persen penderita yang rajin mengonsumsi ginseng kondisinya lambat laun menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Temuan mereka didukung oleh hasil riset di negara Barat yang mana turut dipublikasikan dalam British Journal of Clinical Pharmacology.

Melawan Flu

Hasil analisa sebuah studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Molecular Medicine membuktikan bahwa ginseng sangat ampuh dalam melawan penyakit influenza. Ini tentunya berhubungan dengan kandungannya yang membuat tubuh lebih kebal saat dikonsumsi dan terhindar dari unsur eksternal yang berbahaya bagi kesehatan.

Menurunkan kadar gula dalam tubuh
Bagi para pecinta makanan manis, mengonsumsi ginseng sangat dianjurkan. Ginseng diyakini membantu menurunkan gula darah dalam tubuh, khususnya saat kadarnya tidak seimbang dalam tubuh.

Dapat Membantu Mengobati Hepatitis C dan HIV/AIDS

Kandungan zat antioksidan dalam ginseng secara alami mendorong adanya pergerakan aktivitas enzim seperti, superoxide dismutase (SOD), catalase (CAT), glutathione peroxidase (GPx), glutathione reductase (GR), glutathione-S-transferase (GSH) dan heme oxygenase.

Bagi penderita penyakit hepatitis C, gingseng merupakan instrument yang tepat untuk mendorong hati agar bekerja atau berfungsi secara normal kembali terlepas dari kondisinya yang kian melemah.

Tanaman ginseng secara perlahan mendorong adanya pertumbuhan sel-sel baru dalam hati yang diharapkan akan menjadi lebih dominan dibandingkan bagian-bagian tertentu dalam hati yang sudah terinfeksi.

Sama halnya dengan Hepatitis C, gingseng juga digunakan untuk mengobati pasien HIV/AIDS. Memang tanaman ini tidak secara langsung menargetkan penyakit yang ada dalam tubuh, namun cara kerjanya adalah memotivasi tubuh agar lebih tangguh serta mendorong pembentukan sel-sel alami baru dalam tubuh.
Ginseng merupakan salah satu tanaman herbal yang mempunyai banyak khasiat. Akar tanaman ini sudah lama dimanfaatkan sebagai obat herbal dalam pengobatan tradisional. Biasanya akar ginseng dikonsumsi dengan cara dicampurkan ke dalam minuman, seperti teh.

Berbagai manfaat ginseng yang mungkin belum Anda ketahui

1. Fungsi kognitif

Manfaat ginseng yang pertama adalah meningkatkan kemampuan berpikir atau kognitif. Penelitian yang dipublikasikan oleh The Cochrane Library menunjukkan bahwa ginseng mempunyai beberapa manfaat untuk kognitif, perilaku, dan kualitas hidup. Pemberian ginseng pada anak dipercaya dapat meningkatkan tingkat konsentrasi dan fokus Anda.
Kandungan antioksidan dalam ginseng dapat membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel di otak. Sehingga, ginseng juga dapat mencegah demensia, dan Alzheimer, dan gangguan kognitif lainnya.

2. Efek Antiperadangan

Selain mempunyai sifat antioksidan, ginseng ternyata juga mempunyai efek antiperadangan. Efek antiperadangan pada ginseng ini mungkin ada karena senyawa ginsenosida dalam ginseng. Senyawa ini mempunyai efek meningkatkan kekebalan tubuh, berdasarkan penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Translational Medicine.

3. Mengurangi stres

Ginseng dapat memengaruhi sistem saraf tubuh dalam berbagai cara, seperti merangsang metabolisme dan meningkatkan tingkat energi. Keduanya dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan yang ada di tubuh. Senyawa adaptogen dalam ginseng mungkin berperan dalam hal ini. Adaptogen dalam ginseng dapat mengganggu kadar hormon yang dihasilkan tubuh saat stres. Sehingga, ginseng dapat menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh dan membantu menciptakan suasana hati yang lebih baik.

4. Membantu mengontrol diabetes

Ginseng ternyata bermanfaat bagi Anda yang mempunyai penyakit Diabetes. Ginseng telah terbukti dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Tanaman herbal ini dapat membantu mengatur penyerapan glukosa dalam tubuh. Sehingga, membuat Anda terlindungi dari lonjakan gula darah tiba-tiba (yang membuat diabetes berbahaya).
Penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Chinese Medicine tahun 2005 menunjukkan bahwa ginseng (jenis Amerika maupun Asia), termasuk akar, buah, dan daun dapat mengobati diabetes. Namun, sebelum Anda mengonsumsi ginseng, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu. Jika Anda sudah mengonsumsi obat antidiabetes, mungkin Anda tidak perlu mengonsumsi ginseng lagi.

5. Mencegah kanker

Ginseng mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh, sehingga dapat mencegah Anda dari kanker. Ginsenosida yang terkandung dalam ginseng juga mempunyai sifat antitumor sehingga dapat mencegah perkembangan sel-sel kanker. Salah satu jenis kanker yang dapat dibantu penyembuhannya dengan ginseng adalah kanker usus besar. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi ginseng dapat menurunkan tingkat penyebaran kanker kolorektal.

6. Mencegah penuaan dini
Mungkin Anda sekarang sudah sering melihat produk kecantikan yang mengandung ginseng di dalamnya. Ya, ginseng sendiri mempunyai manfaat dalam mencegah penuaan dini. Ginseng mampu mengurangi tanda-tanda penuaan. Hal ini karena sifat antioksidan yang dimiliki oleh ginseng. Antioksidan ini mampu mencegah efek negatif dari radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sel-sel sehat. Antioksidan dalam ginseng ini juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan dapat mencegah penyakit jantung.
Ginseng juga mampu merangsang aliran darah ke seluruh tubuh, terutama ke sel-sel kulit. Sehingga, ginseng juga membantu membuat kulit tampak lebih muda dan lembab. Tanda-tanda penuaan Anda pun akan berkurang.

Yang harus Anda perhatikan sebelum mengonsumsi ginseng, disamping berbagai manfaat yang dimilikinya, ginseng juga ternyata mengandung efek samping. Hal ini karena ginseng merupakan rempah-rempah yang sangat kuat. Beberapa efek samping dari konsumsi ginseng adalah sakit perut, sakit kepala, gangguan tidur, dan reaksi alergi. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidak terlalu banyak dan sering mengonsumsi ginseng. Konsumsi secukupnya saja. Jika Anda ingin mengonsumsi suplemen ginseng, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda atau Pakar Herbalis terlebih dahulu.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar